Tips Dan Cara Mudah Budidaya Ternak Ikan Lele Bagi Pemula

Budidaya ternak ikan lele - sekarang ini, budidaya ikan lele memang semakin banyak dicari. Tidak sedikit para usahawan muda yang melirik usaha yang satu ini sebab dipandang sebagai salah satu usaha yang cukup  menguntungkan. Tidak heran bila banyak sekali lulusan sarjana yang juga fokus dalam membesarkan usaha ternak lele. Selain keuntungan yang besar yang diperoleh, usaha ternak ikan lele ini juga kian menggiurkan sebab modal kecil yang diperlukannya.

Tips Dan Cara Mudah Budidaya Ternak Ikan Lele Bagi Pemula

Dan untuk memulai budidaya ternak ikan lele ini sebagai peternak, pastinya anda juga  harus menyiapkan modal serta pengetahuan yang benar mengenai ternak lele seperti pembibitan maupun pembenihan dan juga pemijahan. Dan sebelum anda benar-benar memilih dan melakukan bidang usaha ternak lele, akan jauh lebih baik bila anda meyakinkan diri terlebih dulu sebagai motivasi diri. Adapun cara yang dapat anda ikuti ialah :

Langkah pertama
Pertama hitung terlebih dahulu bibit ikan lele yang akan anda tanam di dalam kolam tersebut. Selanjutnya sesuaiakan dengan jumlah modal yang anda miliki.

Langkah kedua
Pakaialah perbandingan yang tepat pada saat membuat kolam terpal. Adapun cara pembuatannya ini dapat didasarkan pada ukuran 100 ekor lele untuk setiap meter persegi luas lahan. Dan untuk ketinggian kolam anda dapat menggali sampai kedalaman 1,5 m.

Langkah ketiga
Selanjutnya siapakanlah terpal dengan panjang dan juga lebar yang lebih besar dibanding ukuran galian tanah. Tentukanlah bahwa masih ada sisa terpal sepanjang setengah meter yang dapat dilihat dari luar. Dan sebelum memasang terpal, kamu bisa memastikan bahwa tanah yang di gali sudah bersih dari batu, kerikil yang keras.

Langkah keempat
Yang terakhir kita dapat memasukkan air ke dalam terpal. Adapun air ini juga harus mengandung plankton dengan metode yang dicampur dengan kompos sapi dan dibiarkan selama 3 hari. Selanjutnya bibit ikan ini baru dimasukkan ke dalamnya. Selain itu, kita dapat membuat air plankton ini terpisah dari kolam terpal.

Demikian artikel terkait dengan budidaya ternak ikan lele, semoga dapat bermanfaat bagi anda semua khususnya bagi para pembaca.
Show Comments