Cara Ternak Sapi Potong

Cara Ternak Sapi Potong - Usaha dari ternak sapi potong yang sangat menguntungkan adalah proses penggemukan. Pemeliharaan sapi dari ukuran bakalan hingga ukuran siap untuk dipotong. Kebanyakan ternak sapi di Indonesia mengutamakan pada usaha penggemukan. Sangat jarang ditemukan peternak yang menggeluti usaha pembibitan ini secara intensif. Selama ini usaha pembibitan sapi telah banyak dilakukan oleh para peternak tradisional. Usaha ini banyak dilakukan untuk usaha sampingan atau sebagai tabungan keluarga. Pembuatan kandang untuk ternak sapi potong tergantung dari skala peternakan serta ketersediaan dana. Tapi secara umum, kandang sapi harus dapat melindungi sapi dari perubahan cuaca serta pengaruh iklim lokal. Perlu anda ingat bahwa sapi memiliki suhu tubuh yang berkisar 38-39oC.



Ada tiga tipe kandang untuk Ternak Sapi Potong, yaitu kandang dengan dinding terbuka, setengah terbuka serta dinding tertutup. Kandang sapi yang terbuka serta setengah terbuka biasanya dapat diterapkan pada dataran rendah yang sedikit panas namun tiupan anginnya tidak terlalu kencang. Selain itu, kandang dengan dinding yang tertutup biasanya dapat digunakan pada daerah dingin serta berangin kencang. Disamping ketentuan kandang ternak di atas, hal lain yang perlu anda perhatikan untuk ternak sapi adalah kelengkapan dari peralatan kandang. Dibawah ini adalah beberapa diantaranya: Tempat pakan serta minum.

Tempat pakan sapi sebaiknya terbuat dari bahan-bahan yang tidak melukai sapi, bisa dari kayu ataupun tembok. Sedangkan untuk tempat minum, anda dapat menggunakan ember plastik namun yang tidak mudah pecah. Tempat makan serta minum harus dirancang dan juga ditempatkan sedemikian rupa supaya sisa-sisa pakan nantinya tidak akan berceceran. Disamping itu, anda juga perlu menyiapkan peralatan kandang. Peralatan kandang yang anda butuhkan untuk ternak sapi potong adalah sebagai berikut. Sekop, alat ini berguna untuk mengaduk makanan sapi serta membersihkan kotoran. Sebaiknya anda perlu menggunakn dua sekop yang berbeda untuk melakukan keperluan ini. Disamping itu, anda juga perlu menyiapkan ember. Ember berguna untuk keperluan wadah minum serta sanitasi seperti halnya untuk membersihkan kandang atau memandikan sapi. Demikianlah artikel tentang Ternak Sapi Potong
Show Comments