Ternak Domba Garut

Ternak Domba Garut – Jika kita berbicara mengenai domba maka pastinya kurang lengkap rasanya jika kita tidak membicarakan masalah Domba Garut. Hal ini karena sekarang ini Domba Garut memang sedang diminati khususnya oleh para peternak domba. Ini bukan menjadi suatu hal yang aneh karena memang Domba Garut merupakan salah satu komoditas yang sangat menguntungkan sebagai salah satu sumber protein hewani disamping kulitnya yang memang dapat dimanfaatkan sebagai kebutuhan tekstil.

Ternak Domba Garut

Langkah awal yang mesti dilakukan saat akan melakukan usaha ternak Domba Garut adalah mempersiapkan kandangnya terlebih dahulu. Usahakan untuk pembuatan kandangnya hendaknya kuat sehingga bisa bertahan lama.

Ukuran kandang juga harus diperhatikan disesuaikan dengan banyaknya domba yang akan dipelihara. Pada saat nanti telah ditempati oleh domba, maka kebersihan kandang haruslah sangat diperhatikan, dan perhatikan juga cahaya serta ventilasi yang nantinya masuk ke dalam kandang. Untuk menghindari kebanjiran, akan lebih baik jika kandang dibuat lebih tinggi.

Pada tahap pembibitan, untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan, maka lebih baik untuk langsung memelihara domba yang telah jelas kualitasnya. Diantaranya yang tidak memiliki penyakit, bebas dari hama dan juga sehat.

Sementara untuk menghindari penyebaran penyakit antar domba, maka pastikan juga memiliki kandang yang nantinya digunakan untuk tempat isolasi domba yang terkena penyakit.

Satu hal lagi yang penting untuk dilakukan saat membuka usaha ternak Domba Garut adalah pemberian pakan. Pastikan untuk mencukupi pakannya dengan  kebutuhan nutrisi yang cukup, mulai dari vitaminnya, mineralnya, airnya, proteinnya, lemaknya dan juga karbohidratnya.

Beberapa pakan yang dapat diberikan berupa rumput-rumputan, kacang-kacangan, limbah pertanian serta makanan penguat atau konsentrat. Bisa juga untuk tambahan nutrisinya, maka lakukan juga kombinasi makanannya. Yaitu dengan cara mencampur 4 jenis bahan makanan tersebut dengan perbandingan yang pas.
Show Comments